Inilah 12 Pantun Jenakan Tongkrongan Lucu Dan Penjelasannya Lengkap

Pantun jenaka merupakan salah satu jenis pantun yang dimana menjadi salah satu budaya, seni dalam negara Indonesia khususnya pada bidang sastra. Dimana pantun ini sendiri banyak sekali dipertunjukan pada berbagai macam kegiatan mulai dari kegiatan budaya yang menggunakan pantun sebagai hiburannya yaitu palang pintu pada budaya betawi, hingga digunakan pada berbagai macam acara yang dimana memerlukan berbagai macam guyonan atau lawakan lucu pada acara tersebut seperti acara ulang tahun, acara seni pertunjukan opera dan sebagainya.

Pantun sendiri merupakan bagian sastra puisi lama yang dimana salah satu hal membedakan puisi lama dengan pantun ini adlaah karena pantun memiliki ciri khusus dengna pola 4 baris serta sajak identiknya. Tentu memang ada berbagai macam aneka macam pilihan jenis pantun yang ada termasuk jenis pantun lawakan atau pantun jenaka lucu yang berkembang menjadi salah satu guyonan atau lawakan pada tongkrongan.

Definisi Pantun Jenaka Tongkrongan

Pantun jenaka atau paling dikenal memang sebagai jenis pantun yang dimana memiliki tujuan paling banyak digemari serta disukai banyak orang karena memang jenis pantun ini memiliki fungsi menghibur melalui berbagai macam lawakan lucu atau guyonan lucu pada isinya. Dimana jenis pantun ini memiliki sifat maksud membuat orang bisa terhibur dari berbagai macam komedi yang terdapat pada isi pantun tersebut.

Jenis pantun ini memang sama dengan jenis pantun pada umumnya, dimana memiliki pola 4 baris dengan sajak a-b-a-b. Dimana jenis pantun ini tak hanya lagi digunakan pada berbagai macam acara budaya seperti palang pintu hingga seni yang berkaitan dengan lawakan seperti opera, lenong atau acara tertentu seperti acara ulang tahun. Namun juga, jenis pantun ini bisa digunakan sebagai guyonan tongkrongan karena jenis pantun ini bersifat menghibur karena isi dari pantun ini yang lucu.

12 Contoh Pantun Jenaka Tongkrongan Lucu

Seperti yang sudah dijelaskan dan dirangkum lengkap oleh unisula.ac.id diatas, dimana memang jenis pantun jenaka ini merupakan salah satu bagian dari jenis pantun yang ada. Dimana jenis pantun ini memang banyak sekali digunakan pada berbagai macam acara kesenian hingga budaya. Namun, memang seiring berkembangnya zaman dimana saat ini pantun jenis ini menjadi lebih universial dimana banyak juga dipakai pada berbagai macam lawakan atau guyonan tongkrongan yang menghibur. Berikut inilah 11 pantun jenaka tongkrongan lucu dan menghibur.

1. Sungguh baik asam belimbing

Tumbuh dekat limau lungga

Sungguh elok berbini sumbing

Biar marah tertawa juga

2. Beli sabun di sebuah warung

Warung baru milik sukiran

Diam-diam menutup hidung

Bau kentut penuhi ruangan

3. Tumbuh ilalang di semak-semak

Semak-semak lalu dibersihkan

The power of emak-emak

Sein ke kiri belok ke kanan

4. Ngetik HP pakai jempol

Habis itu makan kesemek

Ada anak masih ngompol

Ngompol di Kasur baunya apek

5. Mau lebaran membayar zakat

Membayar zakat ke pak lutfi

Ada Ibu berlagak kaya

Emas di tangan berjejer-jejer

6. Berangkat kerja setelah subuh

Tidak lupa menggosok gigi

Bersatu kita teguh

Bercerai ya kita nikah lagi

7. Ke kota Medan makan duren

Lalu pergi ke Danau Toba

Kalo situ merasa keren

Pergi aja situ ke laut sana

8. Si Joni rambutnya berjambul

Suka nongkrong di atas genteng

Biar dibilang kurang gaul

Yang penting tetep ganteng

9. Setan merah setan item

Jangan marah kalau demen

Kalo demen jangan diem

Yang diem tandanya cemen

10. Orang kaya naik mobil

Suzuki Pulang ke rumah goyang kaki

Orang miskin jalan kaki

Pulang kerumah setengah mati

11. Ikan gabus di rawa-rawa

Ada belut nyangkut di jaring

Perut ku sakit menahan tawa

Gigi palsuku loncat ke piring

12. Kalau ketam datang ke rawa

Lintah turun ke dalam kali

Kalau monyet sedang tertawa

Mukanya lucu sekali

Tentu banyak lagi memang berbagai macam jenis contoh pantun jenaka yang memang seringkali dipakai pada lawakan atau guyonan tongkrongan. Dimana memang jenis pantun ini memiliki tujuan menghibur atau memberikan kesan lelucon. Itulah tadi berbagai macam jenis contoh pantun lucu atau jenaka yang dimana sering dipakai pada tongkrongan sebagai lelucon hiburan lawakan.

Leave a Comment